Flash Professional Akan Hilang

adobe flashApakah anda pengguna software Flash? Apakah anda developer / perancang AIR / shockwave berbasis Flex / Flash?  Jika tidak, mungkin beberapa saat sebelumnya, kalian adalah orang yang sering menjunjung RENDAH yang namanya Flash. Semenjak kehadiran smartphone berbasis iOs yang diterbitkan oleh Almarhum, wacana tentang pen-tidak supportan shocwave menjadi hal yang sangat menyerang ulu hati para pengguna /  pengembang shocwave seperti forum-forum game online berbasis flash atau situs video player web. terlalu sakit untuk dirasa karena setelah pernyataan yang dibuat oleh Almarhum tersebut, ternyata banyak browser web yang mengehentikan dukungan untuk shocwave ini, beralih dari Youtube (situs streaming yang udah ga asing lagi) ini pun merubah format video-frame mereka yang awalnya berupa Flash menjadi html5.

noLongerBeberapa dari pecinta flash sebenarnya masih ada dan membludak seperti biasa diinternet, seperti situs NewsGround / portal lainnya namun inilah yang disebut perpecahan kubu. ada yang pro dan ada yang kontra dengan software adobe ini, terutama buat yang enggak pernah make software ini hanya bisa menjelek-jelekkan karena supportnya yang dibatasi, nyatanya memang seperti itu sih karena jika kalian merasa mengakses sebuah situs yang berbasis flash, pasti sudah tidak respon lagi. Tahukan kalian? tidak semua pengembang flash / shocwave berjalan diranah web, mungkin benar, website berbasis flash sudah tidak berlaku lagi, namun beberapa dari mereka termasuk gue meleh mengembangkan flash bukan hanya untuk interior animasi, namun juga masuk ke ranah platform, flash selain software yang diciptakan untuk membuat animasi, seperti halnya blender, ia juga merupakan pemrograman berbasis objek (Object-Oriented Programming), jadi jika kalian pengguna android, kebanyakan game yang kalian buat secara mendominasi pasti dari flash, karena flash sendiri selain bisa dipublish dalam bentuk executable (windows executable), ia juga bisa bermain di Apk (android executable).

logoKabar gembira yang paling mencengangkan saat ini adalah, untuk awal 2016 nanti, software Adobe Flash Professional akan dihapuskan, meski software ini sudah ada sejak 20 tahunan (mulai dari masih besutan Macromedia), Namun, dengan kata dihapuskan, bukan berarti flash sudah mati, dalam wacananya, flash ini akan berubah menjadi “Adobe Animate CC” yang mana kalo kalian tahu alasan kenapa flash tidak didukung dalam format berbasis web, tapi saat ini program ini akan masuk lagi dannew-feature masuk ketahap yang lebih luas. software Animate ini selain memang awalnya Flash, beberapa fitur dan teknik penggambaran jauh lebih luas dan salahsatu hal yang sangat dinantikan oleh pengguna adalah karena software ini bisa dieksport bukan untuk iOs / android application saja karena ada ActionScript 3nya, namun juga bisa dieksport ke WebGL, 4K Video dan Canvas HTML5. Jadi, industri peng-animasian berbasis software Flash / Animate akan kembali jaya :D

Salam,
Fannil Abror, S.Kom
Possesor and Founder of DeannSetiia Land
Jl. Wibawa Mukti 2 Rt.05/001 No.45 
Jatiluhur Jatiasih Kota Bekasi 17425 Tlp & WA. +62 8969 446 3666 Profil. http://about.me/fannilabror
Website. http://deannsetiia.net